Semifinal Copa America: Argentina Vs AS, Chile Vs Kolombia

Share:

Argentina berhadapan dengan tuan rumah Amerika Serikat dan Kolombia mencoba menghadang Chile dalam semifinal Copa America Centenario.

Argentina versus AS dijadwalkan berlangsung pada Rabu (22/6/2016) pk. 08:00 WIB di Stadion NRG di Houston, Texas. Sementara, laga antara juara bertahan Chile dan Kolombia akan dihelat pada Kamis (23/6/2016) mulai pk. 07:00 WIB. Keduanya disiarkan secara langsung oleh Kompas TV.

Chile berpeluang mempertahankan gelar yang direbutnya tahun lalu setelah menghabisi Meksiko dengan skor 7-0 di perempat final. Sementara Kolombia ke empat besar setelah menundukkan Peru melalui adu penalti setelah selama 90 menit—tanpa perpanjangan waktu—skor imbang 0-0.

Chile dan Kolombia sama-sama mencari gelar keduanya sepanjang sejarah turnamen ini yang perma akali digelar pada 1916. Gelar Chile tahun lalu merupakan yang pertama untuk sebuah turnamen besar dalam sejarah sepak bola negara itu.

Sedangkan Kolombia mencatat gelar satu-satunya di sebuah turnamen besar sepanjang sejarah negara itu ketika menjuarai Copa America 2001 yang digelar di negaranya, yang diwarnai ketakutan sejumlah tim akibat maraknya kejahatan di Kolombia yang dilatarbelakangi obat-obatan terlarang dan penembakan wasit ketika sedang memimpin pertandingan.

Argentina urung mengirimkan tim ke Copa America 2001, sementara Uruguay dan Brasil tidak mengirim tim utama ke Kolombia.

Sementara itu, laga semifinal Copa America Centenario lainnya antara Argentina dan merupakan ajang bagi Lionel Messi dan kawan-kawan untuk bertahan di jalan yang benar untuk meraih trofi Copa America ke-15 kali, menyamai Uruguay yang saat ini pemegang rekor terbanyak juara turnamen berusia 100 tahun ini.

Adapun bagi AS, tentu bukan perkara gampang melewati hadangan Argentina. Namun, mereka kini berpeluang menjadi tim undangan pertama yang mampu menjuarai turnamen milik konfederasi sepak bola lain.

Copa America sejatinya merupakan turnamen antarnegara yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol). Tapi khusus dalam rangka memperingati 100 tahun digelarnya tunamen tersebut—dimulai pada 1916—, Conmebol mengajak Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) untuk ikut serta di edisi tahun ini.

Terdapat enam negara Concacaf yang terlibat dalam Copa America Centenario yakni tuan rumah AS, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, dan Haiti. Adapun 10 negara anggota Conmebol meliputi Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

No comments

Silahkan berkomentar